IMF: Ekonomi Dunia Membaik, Tapi Pengangguran Masih Tingg

Leave a Comment
Washington – Proses pemulihan ekonomi dunia semakin membaik. IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi global akan mencapai 4,5% di tahun 2011 dan 2012. Namun pertumbuhan ekonomi global itu masih akan dibayangi tingginya pengangguran dan risiko ‘overheating’ dari negara-negara emerging.
Sementara tingginya harga komoditas akhir-akhir ini akan menjadi tantangan bagi para pembuat kebijakan. Sedangkan masalah usang seperti pemulihan fiskal dan finansial serta reformasi dan rebalancing permintaan global masih menjadi pekerjaan yang harus diteruskan.
Demikian disampaikan IMF dalam ‘World Economic Outlook’ (WEO) yang dirilis setiap 2 tahun, seperti dikutip dari situsnya, Selasa (12/4/2011).
“Dengan membaiknya pasar finansial, gairah aktivitas di pasar emerging dan negara berkembang serta meningkatnya kepercayaan negara-negara maju, maka prospek ekonomi 2011 dan 2012 cukup baik,” ujar IMF.
Meski demikian, gangguan suplai minyak akan memberikan risiko pada proses pemulihan ekonomi global.
“Kekhawatiran sudah berbalik pada harga-harga komoditas. Harga komoditas sudah naik lebih dari ekspektasi, merefleksikan kombinasi pertumbuhan permintaan yang kuat dan sejumlah gangguan suplai. Hal tersebut meningkatkan kesamaan dengan masa stagflasi di era 1970-an, namun sepertinya tidak akan mengganggu pemulihan,” ujar Oliver Blanchard, kepala ekonom IMF.

sumber : Nurul Qomariyah – detikFinance.com
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 Comments:

Post a Comment