tugas ibd 12 juni 2012

Leave a Comment
1. jelaskan perbedaan masyarakat kota dengan masyarakat desa
2. jelaskan interaksi sosial di daerah perdesaan

1. masyarakat pedesaan yaitu masyarakat desa selalu memiliki ciri-ciri dalam hidup bermasyarakat, yang biasa nampak dalam perilaku keseharian mereka.
ciri-ciri karakteristik masyarakat desa : Sederhana ,Mudah curiga ,Menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku didaerahnya ,Mempunyai sifat kekeluargaan ,Lugas atau berbicara apa adanya ,Tertutup dalam hal keuangan mereka ,Perasaan tidak ada percaya diri terhadap masyarakat kota ,Menghargai orang lain ,Demokratis dan religius ,Jika berjanji, akan selalu diingat.
Berbeda dengan karakteristik masyarakat perkotaan, masyarakat pedesaan lebih mengutamakan kenyamanan bersama dibanding kenyamanan pribadi atau individu. Masyarakat perkotaan sering disebut sebagai urban community.
Ada beberapa ciri yang menonjol pada masyarakat kota yaitu:
kehidupan keagamaan berkurang bila dibandingkan dengan kehidupan keagamaan di desa. Masyarakat kota hanya melakukan kegiatan keagamaan hanya bertempat di rumah peribadatan seperti di masjid, gereja, dan lainnya.orang kota pada umumnya dapat mengurus dirinya sendiri tanpa bergantung pada orang laindi kota-kota kehidupan keluarga sering sukar untuk disatukan, karena perbedaan politik dan agama dan sebagainya.jalan pikiran rasional yang dianut oleh masyarkat perkotaan. interaksi-interaksi yang terjadi lebih didasarkan pada faktor kepentingan pribadi daripada kepentingan umum.

2. Interaksi sosial adalah hubungan timbal-balik dalam masyarakat, di masyarakat pedesaan interkasi sosial masih sangat baik, mereka masih sangat tegang rasa satu sama lain dan siap membantu bila ada yang meminta pertolongan, dikarenakan di pedesaan masih ada sifat kekeluargaan dan saling membantu bila ada perayaan hajatan ataupun adat dan agama, dan mereka masih beranggapan bahwa satu sama lain adalah juga bagian dari keluarga. Masyarakat desa cenderung memiliki sikap yang sama, menjunjung nilai luhur yang sama, berhubungan erat dan sederhana. contoh bila interaksi sosial di pedesaan masih sangat bergantung satu sama lain, bila ada perayaan adat mereka akan bekerja sama untuk kelancaran berjalannya perayaaan, mulai dari yang menyiapkan sajian makanan, umbul-umbul dan peralatan yang dibutuhkan dalam perayaan.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 Comments:

Post a Comment