Wisata kuliner Serabi

Leave a Comment


Usaha Serabi bisa di lakukan oleh siapa saja. Walaupun serabi merupakan kue khas Solo, namun saat ini sudah menyebar ke pelosok nusantara. Di Jawa Barat serabi dikenal dengan nama surabi atau sorabi, kue serabi yang terkenal di Jawa Barat adalah Serabi Bandung yang mempunyai cita rasa tersendiri. Kue serabi yang di kenal sebagai makanan khas Solo umumnya hanya berasa gurih dari perpaduan antara tepung dan santan ditambahi dengan siraman aren sebagai pemanis. Saat ini, serabi sudah banyak memakai tooping yang mencerminkan makanan modern dan disukai semua kalangan.
Usaha kecil Serabi masih sangatlah berpotensi dan saat ini sedang mengalami booming yang luar biasa, walaupun namanya usaha kecil Serabi namun produk yang di jual bukan saja Serabi. Kita bisa menjual serabi dengan beragam rasa dan tooping, seperti Serabi, serabi oncom, serabi sosis, serabi ayam, serabi baso, serabi coklat, serabi keju dan beragam rasa dan tooping kue serabi. Kreativitas anda dalam membuat rasa baru dari serabi ini akan meningkatkan omzet usaha kecil serabi anda.

Menurut pengalaman saya dalam menjual serabi, inilah sekiranya yang bisa saya jelaskan :

Bahan Baku Serabi
Bahan baku utama adalah tepung beras dan santan untuk membuat serabi sebagai dasar adonan, ada juga yang membuat serabi denga menggunakan tepung terigu, anda bisa mencobanya dan cari yang paling enak. Setelah itu diperlukan berbagai bahan untuk membuat tooping seperti , keju, sosis dan lainnya. Sesuaikan dengan variasi kue serabi yang anda jual, pastikan anda mencobanya terlebih dahulu sebelum dijual pada konsumen terutama bila itu merupakan variasi baru.

Tempat Usaha Serabi
Tempat usaha yang cocok untuk usaha kecil Serabi adalah di tempat keramaian, perempatan jalan, pasar, depan terminal atau bahkan sekolahan. Anda juga dapat menjual di depan Minimarket atau Mal, atau bahkan membuka kafe khusus dengan menu utama Serabi. Tentu harga jual serabi di sesuaikan dengan tempat usaha yang di pakai, sebaiknya bukan kaki lima tapi terbentuk rumah makan sendiri walau hanya terbuat dari terpal. Buatlah tempat usaha serabi anda senyaman dan semenarik mungkin.

Perlengkapan Usaha Serabi
Peralatan usaha serabi yang di perlukan berupa bakaran serabi, cetakan serabi dari tanah atau besi, centong serabi, cutik serabi, gerobak atau meja untuk menata peralatan dan cetakan serabi, kompor ( bisa gas atau minyak atau tanpa kompor hanya tempat apinya saja), tabung gas beserta perlengkapannya, meja kursi dan peralatan makan. Perlengkapan tambahan mungkin juga di butuhkan.
Karyawan Usaha Serabi

Untuk bisnis ini sebaiknya memakai tenaga karyawan, karyawan bisa bertugas sebagai pencetak surabi dan membantu membersihkan meja dan peralatan makan. Untuk membuat adonan serabi sebaiknya dilakukan oleh anda sendiri agar kualitas Serabi yang di buat tetap terjaga, demikian juga saat memberikan tooping pada serabi.


Harga Jual
Harga jual Serabi bervariasi, untuk serabi plan bisa di hargai Rp 3.000 saja, sedangkan untuk yang memakai tooping seperti , keju, sosis bisa di hargai Rp 5.000. Tempat usaha akan berpengaruh terhadap harga jual Serabi anda.



Resiko Usaha
kualitas rasa yang kurang enak akan langsung menurunkan jumlah pelanggan, sebaiknya anda mencobanya terlebih dahulu bila membuat suatu produk serabi baru dan minta pendapat dari keluarga dan teman tentang rasa, layak tidaknya di jual dan harga yang pantas bila di suruh membelinya. Buat suatu standar prosedur kerja dan resep cara membuat Serabi agar Serabi yang di hasilkan tidak berubah ubah rasanya. Ada kalanya pelayanan yang kurang memuaskan akan membuat pelanggan turun juga, contohnya dalam masalah waktu karna cukup lama untuk membuat serabi matang. Selamat mencoba usaha kecil Serabi ini.

Promosi Dan Pemasaran
Promosi via twitter @serabisalju Bintaro-BSD
Buatlah tempat usaha surabi yang nyaman, unik dan menarik. Tawarkan menu serabi yang beragam dan tentu saja kualitasnya mesti enak, buat spanduk yang besar di depan tempat usaha. Bisa juga di bantu dengan menyebarkan brosur, iklan di media online seperti social media dan iklan gratis. Buatlah merek dagang yang unik, mudah diingat dan kreatif, seperti Serabi salju atau kedai jongkok misalnya. Brand atau merek dagang akan embuat pelanggan selalu ingat dengan usaha anda. Kualitas serabi yang enak merupakan promosi gratis yang paling jitu. Anda juga bisa membuka deliveri order bila memungkinkan.




Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 Comments:

Post a Comment